SSH Tunnel, Virtual Private Server, Internet Gratis

Cara simple Setting Unmanaged VPS menjadi Webhosting

Beberapa kendala pemula dalam konfigurasi VPS menjadi webhosting adalah minimnya pengetahuan tentang cara instalasi dan konfigurasi paket-paket yang di butuhkan dalam webhosting VPS Linux, apalagi berbenturan dengan troubleshooting. beberapa contoh kasus ketika saya coba instalkan wordpress dengan webserver LNMP ( Linux Nginx Mysql PHP ) pada  Unmanaged VPS Linux, ketika instalasi sukses timbul permasalahan pada wordpress yang tidak bisa di setting permalink, install plugins harus lewat FTP sebab auto downloadnya tidak berfungsi. sebagai administrator server anda di wajibkan tau tentang pemecahan permasalahan tersebut. jika tidak tau menahu dan tidak mau ambil pusing tentang konfigurasi server di VPS untuk hosting lebih baik gunakan cara yang mudah dan simple.Cara simple setting unmanaged VPS menjadi webhosting adalah dengan menggunakan WEBUZO.
apa itu Webuzo ? webuzo sebuah single panel dari Softaculous yang bisa di installkan ratusan lebih aplikasi web seperti wordpress , joomla, opencart, WHMCS, drupal dan banyak lagi bisa diliat di http://www.webuzo.com/apps.


Syarat instalasi :
  1. Pastikan VPS Linux ber Os kan CentOS 5.x / 6.x or Red Hat Enterprise Linux 5.x / 6.x or Scientific Linux 5.x / 6.x (x86 or x86_64) / Ubuntu LTS. 
  2. Sudah terinstall yum / apt-get , wget dan tar 
  3. Ram VPS minimal 512, lebih besar lebih baik 
  4. Kapasitas HDD VPS minimal 5 GB atau lebih
Cara instalasi :

buka putty atau bitvise ssh client, login ke server sebagai root, ketikan perintah sebagai berikut :

wget -N http://files.webuzo.com/install.sh
chmod 0755 install.sh


tampilan diatas tanda webuzo telah sukses di intall selanjutnya buka browser firefox / IE / chrome ketikan IP VPS port 2004 contoh : 192.168.6.197:2004 seperti gambar di bawah ini :

isikan data dan tekan tombol install, untuk Licensi Key kosongkan saja dan alangkah lebih baiknya mengambil versi trial 30 hari agar dapat install dengan mudah aplikasi yang di butuhkan di webuzo.

Webuzo telah berhasil di install


Admin Panel
Untuk login Softaculous Webuzo Admin Panel, kunjungi URL :
https://Your-IP:2005/
atau
http://Your-IP:2004/

Enduser Panel
Untuk login ke Softaculous Webuzo Enduser Panel, kunjungi URL :
https://Your-IP:2003/
atau
http://Your-IP:2002/


@



2 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Cara simple Setting Unmanaged VPS menjadi Webhosting