SSH Tunnel, Virtual Private Server, Internet Gratis

Cara manambahkan domain pada Webmin

Dengan mengetahui fitur dari webmin pada post yang lalu yang membahas fitur-fitur webmin yang lengkap, sekarang kita mamfaatkan fitur tertentu untuk membuat hosting, apa saja fitur webmin yang di butuhkan untuk membuat VPS menjadi hosting ?

  • Fitur pertama adalah Apache Webserver, fitur ini berguna install apache webserver serta mengatur webserver apache baik itu config, virtual host dan lain-lain.
  • Fitur kedua disebut Mysql Database Server, kegunaannya sebagai pengatur database, membuat database, menghapus database.
  • Fitur  ketiga Bind DNS Server, fungsingya membuat dan mengedit dns , nameserver.
  • Fitur ke empat ftp dan sftp, gunanya sebagai pintu masuk transfer file dari dan keluar dari hosting.

setelah paham dengan fitur-fitur tersebut, maka akan mengerti juga cara membuat VPS dengan Control Panel Webmin bisa di jadikan hosting, mari belajar cara menambahkan domain pada webmin.

Step-step menambahkan domain pada webmin :

Pointing atau arahkan domain yang telah di beli ke IP VPS yang telah di installkan webmin, saya kasih disini memakai domain dari namecheap.

setting DNS domain

Buatlah user untuk domain tersebut dengan mengaktifkan home directory untuk root document web, contoh disini web pertanian-organik.com saya buat dengan nama user : pertanian maka root document atau tempat meletakkan file webnya nanti di /home/pertanian.
membuat user dan root document



selanjutnya buatlah virtual host yang pada apache webserver. Pilih menu Server > apache webserver > create virtual host > setting seperti gambar di bawah.
membuat virtual host

setelah berhasil membuat virtual host pada apache webserver, selanjutnya tinggal setting DNS menggunakan Bind DNS Server, masih di menu servers pilih Bind DNS Server (kalau belum terinstall, install saja dari webmin) lalu pada menu Bind DNS Server cari create Master Zone dan klik, kemudian setting seperti gambar di bawah.

masih di Bind DNS Server > Existing Zone > Domain kita tadi disini pertanian-organik > setting nameserver dan address, untuk mail-server bisa juga diset zone domain yang sudah dibuat
edit master zone

pada Name Server tambah ns1 dan ns2, contoh disini adalah ns1.pertanian-organik.com dan ns2.pertanian-organik.com, liat gambar di bawah
menambahkan nameserver

kemudian setting address di Master Zone seperti gambar di bawah ini.
setting address zone master

selesai sudah cara menambahkan domain pada webmin, selanjutnya upload file-file untuk web ke document root, gambar berikut file-file wordpress di upload melalui sftp dengan menggunakan winscp.
upload web melalui  sftp

setelah di check melalui browser, maka hasil akhir seperti gambar di bawah

Cara manambahkan domain pada Webmin

Note : Jika ada ditanyakan silahkan kirim email ke koneksissh@gmail.com, atau butuh jasa installasi VPS silahkan hubungi kami.





@



2 komentar:

Unknown said...

terus pada Domain Name Server Setup perlu diisi apa dikosongin aja?

Sky Host said...

I want to make a website Please refer me a best web development company which also offer me cheap web hosting in UAE.
e.g. UAE Host Company

Post a Comment - Kembali ke Konten

Cara manambahkan domain pada Webmin